Nikmatnya Nasi Megono Khas Pekalongan

Lama berkutat dengan postingan tips and trik tidak salahkan jika kali ini saya mem-posting sebuah artikel kuliner khas kota kelahiran saya yaitu kota batik Pekalongan,karena saya akan sangat berdosa sekali jika tidak menyebarkan informasi kuliner warisan nenek moyang sendiri yang takutnya nanti juga akan ikut dicuri atau diklaim sebagai kekayaan budaya oleh negara jiran seberang kita, seperti pada kasus batik yang juga sempat diklaim oleh mereka.


Bagi yang bukan asli pekalongan mungkin belum pernah mendengar nama sego atau nasi megono ini, tidak usah khawatir saudara-saudara akan saya jelaskan pada posting saya kali ini, Sego atau nasi megono adalah nasi putih liwet ditambah dengan toping spesial yaitu megono, megono sendiri adalah semacam urapan yang terbuat dari nangka muda dicampur dengan bumbu-bumbu  khas warisan nenek moyang.

Hampir dipastikan 75% dari warga pekalongan  setiap pagi menyantap nasi megono sebagai menu sarapan pagi mereka,bahkan mungkin ada yang tiap kali ketemu meja makan pasti ada Megononya,sehingga ada lelucon konyol jika ketika berpergian jauh naik angkutan umum dan anda melihat sebelah atau penumpang lain dari angkutan umum itu tersebut muntah dan muntahannya terindikasi ada megononya hampir dapat dipastikan 99% dia adalah warga pekalongan" hehehe...
entah siapa pencetus lelucon itu, yang jelas itu menggambarkan demikian melekatnya Megono kepada warga pekalongan  .

Nasi megono sendiri paling enak disajikan dengan lauk apa saja, Tauto, soto, cumi / sotong kuah hitam panggang ikan pari atau panggang iwak Pe jika orang pekalongan bilang adalah favorit saya jika menyantap nasi megono kalu nggak ada ya tempe goreng pun cukup layak menemani saya menyantap nasi megono.

seporsi nasi megono

Cukup mudah mencari nasi megono di pekalongan di berbagai sudut kota dan kabupaten Pekalongan terdapat banyak penjual nasi megono dengan berbagai penyajian, dan harganya pun terbilang cukup murah.
Ada beberapa referensi tempat makan nasi megono favorit saya :
  • Nasi Megono Pak Wan  lokasi Jalan Kenanga kota pekalongan, disini kita banyak pilihan lauk untuk teman makan nasi megono,buka magrib hingga malam hari
  • Warung Nasi Megono depan Halte Ponolawen, warung ini termasuk istimewa karena hanya buka jam 12 malam hingga menjelang subuh. dan tidak tanggung-tanggung karena yang makan disitu 80 % didominasi anak-anak muda Kota Pekalongan.
Sebenarnya hampir semua warung dan rumah makan di Pekalongan selalu menyediakan megono dalam daftar menu sajian masakannya karena megono adalah masakan khas Pekalongan, saya sarankan bagi saudara yang lewat atau sedang berkunjung ke pekalongan untuk mencoba nasi megono untuk sekedar iseng-iseng dan menambah referensi bagi lidah kita dengan kuliner khas pekalongan ini, sekian sementara tentang megono ini karena jika saya makin panjang lebar menulis tentang nasi megono makin lama makin melilit dan ingin segera meluncur ke warung nasi megono terdekat.sekian salam hangat dan jabat erat...!